10 fakta tentang hasil kaya bahwa semua SEO seharusnya tahu

10 fakta tentang hasil kaya bahwa semua SEO seharusnya tahu:

Columnist John Lincoln emberikan pelajaran dalam hasil yang kaya 101 bagi mereka yang baru memulai dengan mereka.┬áPada tanggal 19 Desember 2017, “hasil yang kaya” adalah nama baru untuk semua fitur dan penyempurnaan hasil khusus Google, termasuk cuplikan kaya, kartu kaya, dan hasil yang diperkaya.

Sebagai pemasar, istilah tersebut mungkin bukan hal baru bagi Anda. Mereka dimaksudkan untuk membuat hasil pencarian menonjol dengan memasukkan informasi tambahan berupa gambar, review stars dan lain sebagainya.

Di bawah ini, saya akan membahas semua hal yang perlu diketahui tentang hasil yang kaya pada tahun 2018.

Data terstruktur umumnya digunakan untuk mendapatkan hasil yang kaya

Data terstruktur dikodekan dalam markup halaman Anda dan digunakan untuk memberikan informasi tentang halaman dan isinya. Selain membantu Google memahami konten halaman Anda dengan lebih baik, data terstruktur juga digunakan untuk memungkinkan hasil yang kaya.

Meskipun tidak semua data terstruktur menghasilkan hasil yang kaya, menandai konten dengan data terstruktur schema.org (biasa disebut “markup schema”) tentu dapat meningkatkan peluang Anda memperoleh hasil yang kaya di SERPs. Beberapa jenis marka schema, seperti ulasan dan resep, memiliki kemampuan untuk menghasilkan hasil yang kaya saat diterapkan dengan benar.

Syukurlah, implementasinya adalah proses yang mudah. Jika Anda menjalankan situs WordPress, Anda cukup memasang berbagai plugin untuk menambahkan markup yang diperlukan.

Jika tidak, ada banyak alat yang tersedia untuk membantu membuat dan menguji markup skema, termasuk Pembantu Markup Data Terstruktur, Generator Skema untuk Alat Pengujian Data Teruji atau Terstruktur.

Google lebih menyukai format JSON-LD untuk data terstruktur

Google mendukung data terstruktur dalam tiga format: JSON-LD, Microdata dan RDFa. Format yang direkomendasikan, bagaimanapun, adalah JSON-LD.

JSON-LD adalah singkatan dari “JavaScript Object Notation – Linked Data”, dan, seperti yang telah Anda duga, disajikan dalam format JavaScript.

Intinya, ini menjelaskan informasi di halaman Anda tanpa mengganggu apa yang pengguna lihat. Jadi, daripada mencoba untuk secara bersamaan menunjukkan sesuatu kepada pengguna saat menjelaskannya ke Google (yang bisa menjadi agak berantakan), JSON-LD memisahkan informasinya ke bagiannya sendiri.

Tidak ada cara untuk menjamin hasil yang kaya

Seperti disebutkan di atas, menerapkan markup data terstruktur ke laman Anda merupakan langkah awal yang hebat untuk mendapatkan hasil yang kaya – namun Google mungkin masih memutuskan untuk tidak menunjukkannya kepada situs Anda. Alasan untuk ini bervariasi, namun Google memberikan penjelasan berikut untuk hasil yang kaya tidak ada dalam Pedoman Umum Data Terstruktur:

  • Menggunakan data terstruktur memungkinkan fitur hadir, namun tidak menjamin akan hadir. Algoritma Google menyesuaikan hasil pencarian untuk menciptakan apa yang menurutnya merupakan pengalaman pencarian terbaik bagi pengguna, bergantung pada banyak variabel, termasuk riwayat pencarian, lokasi, dan jenis perangkat. Dalam beberapa kasus, ini mungkin menentukan bahwa satu fitur lebih tepat daripada yang lain, atau bahkan tautan biru polos yang terbaik.
  • Data terstruktur tidak mewakili konten utama halaman atau berpotensi menyesatkan.
  • Data terstruktur tidak benar dengan cara yang alat uji tidak dapat ditangkap.
  • Konten yang dimaksud dengan data terstruktur disembunyikan dari pengguna.
  • Halaman┬átidak memenuhi pedoman untuk data terstruktur yang dijelaskan di sini, pedoman khusus jenis, atau pedoman webmaster umum.

The markup may not affect your rank in the SERPs

Selanjutnya, termasuk hasil kaya dalam daftar Anda untuk memperbaiki posisinya di SERPs belumlah menjadi kenyataan.

Meskipun Google telah menyarankan agar suatu hari nanti mempertimbangkan data terstruktur sebagai faktor peringkat, kami belum mencapai hari itu. Memang, berbagai penelitian telah menyarankan (dan Google telah memastikan) bahwa tidak ada dorongan peringkat dari data terstruktur.

Yang sedang berkata, ada kasus yang harus dilakukan agar hasil kaya tertentu meningkatkan rasio klik-tayang (RKPT) Anda dan dengan demikian menghasilkan lebih banyak traffic.

Google memiliki alat pengujian hasil kaya baru

Dengan pengumuman terminologi “hasil kaya” yang baru, Google juga meluncurkan alat uji baru khusus untuk hasil yang kaya.

Alat ini merupakan versi terbaru alat uji data terstruktur sebelumnya dari Google dan dirancang untuk membuat pengujian dan diagnosis data terstruktur halaman Anda menjadi lebih mudah.

Google mengatakan hal ini di blog Webmaster-nya:

Alat baru ini memberikan gambaran yang lebih akurat tentang tampilan halaman di Search dan mencakup penanganan yang lebih baik untuk Data Terstruktur yang terdapat pada konten yang dimuat secara dinamis. Tes untuk Resep, Pekerjaan, Film, dan Kursus saat ini didukung – tapi ini hanya langkah awal, kami berencana untuk memperluas dari waktu ke waktu.

Perhatikan bahwa alat ini masih dalam versi beta (pada saat penulisan ini) dan saat ini hanya mendukung jenis hasil kaya yang tercantum di atas. Saat ini tidak menunjukkan kesalahan sintaks schema.org.

Anda dapat memeriksa hasil kaya Anda menggunakan alat lain juga

Tentu saja, ada pilihan di luar Google ketika harus menguji hasil kaya Anda.

Dan karena wajar jika Anda ingin mengetahui cuplikan dan informasi apa yang Google tampilkan tentang bisnis Anda di SERPsnya, banyak situs menawarkan cara untuk mengungkap cuplikan fitur Anda.

Salah satu favorit saya adalah SEMrush. Dengan menggunakan pencarian domainnya, Anda dapat melacak kapan dan cuplikan mana yang digunakan.

Perlu beberapa minggu agar hasil kaya Anda muncul

Apakah data Anda ditampilkan sebagai hasil yang kaya sama sekali sepenuhnya ke Google. Dan sebelum muncul, Google harus merayapi dan mengindeks situs Anda setelah markup diterapkan. Anda dapat memeriksa status di Google Search Console.

Maka itu adalah permainan yang menunggu, dan sering kali butuh waktu dua atau lebih minggu agar hasil kaya Anda muncul di SERPs (jika memang benar terjadi).

Di sisi lain, Google John Mueller mencatat di Google+ Hangout bahwa setelah laman direklamasi dan diindeks ulang, seharusnya tidak ada penundaan tambahan dalam memperbarui hasil pencarian.

Kiat Pro: Gunakan Ambil sebagai Googlebot (dalam Google Search Console) agar markup data terstruktur Anda terindeks dengan lebih cepat. Saya mendapatkan hasil yang kaya dalam hitungan jam, atau kurang dalam beberapa kasus.

Google dapat menonaktifkan hasil kaya Anda

Sayangnya, spamming tidak hanya terbatas pada konten dan tautan – ada juga webmaster yang mencoba memainkan sistem dengan markup data terstruktur secara menipu. Jika Google melihat data terstruktur yang berisi spam, itu bisa menonaktifkan hasil kaya Anda, dan bahkan memberikan hukuman manual kepada situs Anda.

Secara teknis, data terstruktur tidak diperlukan untuk menunjukkan hasil yang kaya

Istilah “hasil kaya” dan “data terstruktur” sering berjalan beriringan. Tapi ternyata, Anda tidak perlu data markup terstruktur untuk mendapatkan hasilnya.

Google John Mueller baru-baru ini memastikan bahwa data terstruktur tidak benar-benar diperlukan agar Google dapat menerapkan cuplikan kaya ke hasil penelusuran Anda. Terkadang, Google dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk menghasilkan hasil yang kaya dari konten Anda sendiri.

Dengan kata lain, umumnya disarankan untuk menerapkan markup data terstruktur ke konten Anda jika Anda menginginkan hasil yang kaya untuk ditampilkan, karena hasil kaya yang muncul tanpa markup jarang terjadi.

Kueri ‘site: command’ harus menunjukkan apakah hasilnya telah diterapkan dengan benar

Jika hasil yang kaya tidak muncul, itu sering terjadi karena adanya kualitas atau masalah teknis dalam pelaksanaannya.

Alih-alih mengandalkan alat uji hasil kaya Google yang baru, Anda dapat melakukan sebuah situs: perintah di situs yang telah menerapkan markup data terstruktur. Jika hasil yang kaya muncul untuk situs ini, itu berarti penyiapan teknis Anda benar.

Jika hasil yang kaya tidak tampil untuk kueri penelusuran reguler namun dilakukan di situs: perintah, Anda akan tahu bahwa alasannya mungkin merupakan masalah kualitas, bukan masalah teknis.

Kesimpulan

Hasil yang kaya bisa sangat berharga dalam kemampuan mereka untuk menunjukkan kepada pencari hasil yang berarti dan segera menjawab pertanyaan yang relevan.

Kiat di atas akan membantu memastikan setiap pemasar menggunakannya dengan benar, memberi Anda suntingan terbaik jika menampilkannya di hasil penelusuran.