8 Praktik SEO untuk Riset Kompetisi yang Didukung Data

Saya yakin bisnis Anda memiliki beberapa pesaing di Google.

Dan saya juga bertaruh bahwa beberapa dari mereka peringkat lebih tinggi dari situs web Anda.

Apakah Anda tahu mengapa mereka lebih sukses di SERPs?

Kebenaran yang memilukan adalah … jawabannya tidak pasti!

Apakah itu semua karena jumlah backlink yang lebih tinggi atau konten yang lebih baik, atau otoritas domain, atau yang lainnya? Yup, tanpa analisis mendalam tentang kekuatan dan kelemahan, Anda tidak dapat menjawab pertanyaan ini.

Dalam panduan ini, saya akan berbagi beberapa praktik praktis, tips, dan alat untuk membantu Anda mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang berguna tentang pesaing Anda. Mari kita mulai.

1. Identifikasi pesaing online teratas Anda

Jadi, pertanyaan pertama adalah siapa yang kita lawan. Seperti biasa, ada beberapa cara untuk mengetahui hal ini:

  1. Mungkin, pilihan termudah dari semua – Google kata kunci niche teratas Anda dan tuliskan domain dari top 10-15 situs web.
  2. Bayar perhatian khusus ke paket lokal jika Anda mempromosikan situs web bisnis lokal.

 3. Lihat daftar niche di Alexa Top Sites Рtelusuri kategori dan subkategori terkait untuk menemukan 50 domain teratas dengan perkiraan lalu lintas dan data tautan balik.

4. Gunakan alat untuk menemukan dan melacak domain yang bersaing.

Anda dapat menggunakan alat yang paling nyaman untuk Anda, dan jika Anda telah menggunakan Pelacak Peringkat SEO PowerSuite.

2. Evaluasi kesulitan dan saring pesaing Anda

Pernahkah terlintas dalam benak Anda, Anda dapat mengalahkan pesaing apa pun di ceruk apa pun dan untuk kata kunci apa pun? Ya, Anda bisa, tetapi berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk menaklukkan hasil teratas?

Sekarang setelah Anda memiliki daftar pesaing utama Anda, mari kumpulkan statistik SEO umum untuk membantu Anda mendapatkan kesan yang lebih baik dari persaingan online Anda (dan peluang Anda untuk mengungguli mereka).

Saya sarankan Anda harus memeriksa dan menulis informasi berikut (untuk situs web Anda sendiri dan untuk situs web pesaing Anda):

  • Domain age
  • Alexa rank and traffic volume estimates
  • IP address and country
  • The number of pages indexed in the major search engines
  • The number of backlinks

Pada langkah ini, masuk akal untuk mencoret beberapa situs web yang secara signifikan mengungguli Anda, dan fokus pada buah yang bergantung rendah. Atau Anda dapat memprioritaskan upaya SEO Anda dan menandai domain yang Anda akan bersaing dengan di tempat pertama dan domain yang akan Anda kalahkan di masa depan.

3. Dapatkan ide kata kunci berdasarkan persaingan Anda

Seperti yang Anda ketahui, ada lusinan metode dan teknik penelitian kata kunci di luar sana. Dalam posting ini, saya ingin menyebutkan satu praktik yang sangat efektif ketika melakukan analisis persaingan karena:

  • ini didasarkan pada prinsip-prinsip pengindeksan semantik laten;
  • ini didasarkan pada pesaing peringkat teratas Anda;
  • hanya butuh beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Apakah itu cocok? Saya sedang berbicara tentang analisis TF-IDF untuk kata kunci Anda.

TF-IDF (kependekan dari “frekuensi frekuensi-inverse dokumen”) adalah produk dari seberapa sering kata kunci muncul pada halaman (TF) dan seberapa sering diharapkan untuk muncul pada halaman web rata-rata, berdasarkan pada set yang lebih besar dari dokumen (IDF).

Jangan panik, Anda tidak perlu melakukan perhitungan rumit sendiri (itu akan membuang-buang waktu Anda) – semua bisa dikelola dengan benar dalam modul Riset Kata Kunci Rank Tracker.

Alat TF-IDF di Rank Tracker menganalisis halaman peringkat teratas untuk kata kunci target Anda dan mencari istilah dan frasa yang banyak digunakan. Ini adalah istilah dan konsep yang relevan dengan topik yang akan membantu Anda meningkatkan relevansi (dan karenanya peringkat) halaman Anda di era pencarian semantik.

Untuk memulai penelitian, cukup luncurkan Peringkat Pelacak, buka proyek dan klik tombol Sarankan. Pilih metode Competition TF-IDF Explorer dan tekan Next.

Pada langkah selanjutnya, masukkan kata kunci unggulan Anda serta kata kunci negatif untuk membuat analisis semantik lebih tepat. Setelah selesai, tekan Selesai dan biarkan alat mengumpulkan data.

Saya melakukan penelitian untuk kata kunci “pembuatan bir” dan menemukan bahwa jika saya ingin membuat konten peringkat tinggi untuk topik ini, saya perlu menulis tentang jenis filter kopi dan pemanggangan kopi, memahami perbedaan antara campuran kopi Meksiko dan Afrika , dan seterusnya!

Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan daftar kata kunci acak – Anda mendapatkan daftar frasa semantik yang tampaknya penting dan relevan dengan mesin pencari. Dan dengan mengumpulkan konsep-konsep topikal semacam ini, Anda akan dapat membangun strategi konten yang komprehensif.

Sekarang, Anda dapat memindahkan grup kata kunci yang diperlukan ke dalam modul Kata Kunci Target dan mulai memantau SERPs untuk mereka.

4. Menganalisis lanskap SERP yang Anda targetkan

Oke, sekarang kita memiliki daftar pesaing dan daftar kata kunci target, saatnya untuk melihat lanskap hasil pencarian Google dan melihat lingkungan seperti apa yang akan Anda ikuti.

Bergantung pada niche dan kata kunci Anda, Anda dapat memperhatikan betapa berbedanya halaman hasil mesin pencari, misalnya, halaman ini sepenuhnya ditempati oleh iklan dan hasil tempat Google:

Apa artinya bagi strategi SEO Anda?

Jika Anda, katakanlah, targetkan kata kunci yang memicu banyak video, akan sangat sulit untuk mengalahkan persaingan dengan posting blog statis biasa. Itulah mengapa Anda harus mencatat jenis hasil apa yang mendapatkan peringkat tertinggi dan tetap ingat ketika mengadaptasikan strategi SEO / konten Anda.

Di Rank Tracker, ada fitur yang sangat berguna untuk membantu Anda memantau jenis SERP dan perubahan – kolom Fitur SERP Google:

Dengan menggunakan data ini, Anda dapat:

  • Lihat SERP mana saja yang memiliki peringkat situs Anda;
  • Lihat fitur mana yang tersedia untuk kata kunci yang Anda lacak dan mewakili peluang lalu lintas;
  • Cari tahu apakah cuplikan kaya situs Anda muncul untuk kata kunci Anda (yang berisi ulasan, thumbnail, atau tautan situs);
  • Periksa mana dari fitur SERP yang ditempati oleh pesaing SEO Anda.

Lihat halaman pesaing mendapatkan berbagai fitur SERP untuk beberapa kata kunci? Mengapa tidak melihat lebih dekat pada kontennya, meta tag, data terstruktur, dan tautan! Semua wawasan ini akan membantu Anda mengoptimalkan halaman situs Anda untuk berbagai jenis hasil pencarian dan lebih terlihat bagi pelanggan potensial Anda.

5. Periksa bagaimana pesaing Anda menyusun situs web mereka

Mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat merasakan dorongan kuat untuk membuat halaman baru dan konten yang dioptimalkan untuk frasa kunci yang baru ditemukan. Harap bersabar untuk sementara waktu – masih ada beberapa data yang perlu kami gali sebelum Anda masuk ke dalam aktivitas pengoptimalan.

Saya sangat menyarankan menganalisis bagaimana pesaing Anda mengatur situs web mereka.

Inilah mengapa saya menemukan analisis struktur situs yang penting:

  1. Anda dapat dengan mudah memodifikasi konten situs, meta tag, dll., Tetapi jauh lebih menantang untuk mengatur ulang kategori situs, halaman arahan utama, dll. Jika Anda tidak ingin tersesat dalam ratusan pengalihan, lebih baik untuk merencanakan semua struktur- terkait sebelumnya.
  2. Anda dapat melihat sekilas halaman arahan penting teratas – yang memiliki sebagian besar tautan internal yang mengarah kepadanya.
  3. Struktur situs yang bagus menyiratkan pengalaman pengguna yang baik, dan saya rasa saya tidak perlu mengingatkan Anda tentang sikap Google dalam hal ini;)
  4. Struktur situs yang baik adalah inti dari SEO. Jadi, jika Anda menemukan banyak masalah (tautan yang rusak, pengalihan tidak valid, halaman orphan), Anda dapat mencoba mengungguli pesaing Anda bahkan sebelum seseorang selesai mengatakan “tautan balik!” Google selalu jelas tentang pentingnya struktur mesin telusur yang dipikirkan dengan matang, jadi jangan lewatkan kesempatan ini.

Kabar baiknya adalah semua informasi ini dapat divisualkan secara grafis, jadi Anda tidak perlu menghabiskan berhari-hari untuk mengumpulkan halaman dan kemudian berminggu-minggu menganalisisnya. Jika Anda menginstal WebSite Auditor di komputer Anda, yang perlu Anda lakukan adalah membuat proyek baru untuk setiap domain yang ingin Anda analisis secara detail dan masuk ke Struktur Situs> Visualisasi.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dan diproses oleh alat, Anda dapat:

  1. Lihat halaman arahan paling penting dari pesaing Anda;
  2. Analisis kedalaman klik;
  3. Lihatlah halaman orphan (jika ada);
  4. Periksa distribusi PageRank internal.

Setelah Anda menganalisis persaingan, lihat bagaimana struktur situs Anda dapat ditingkatkan dan tambahkan catatan ke visualisasi Anda tepat di alat. Setelah itu, Anda akan dapat mengekspor perubahan dan mengirimkannya ke pengembang situs web Anda.

6. Periksa optimasi halaman dan metrik konten

Saya suka sekali SEO on-page untuk satu alasan besar – dengan itu, Anda benar-benar dapat mengubah halaman landing Anda dalam sehari menggunakan wawasan yang Anda dapatkan dari menganalisis halaman pesaing – dan perubahan cepat ini kemungkinan akan membawa hasil yang terlihat lebih cepat daripada yang lain .

Untuk langkah ini, saya akan menggunakan Auditor WebSite SEO PowerSuite dan modul Analisis Kontennya. Dengan menggunakan alat ini, Anda akan menemukan semua info yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan halaman yang diberikan untuk kata kunci target Anda, berdasarkan pada halaman yang peringkat di hasil teratas untuk istilah yang diberikan. Selain itu, Anda akan dapat memperoleh rekomendasi untuk meningkatkan konten Anda agar lebih komprehensif dan relevan secara relevan, berdasarkan rumus TF-IDF.

Berikut cara menjalankan cek:

  1. Luncurkan Auditor WebSite dan buka atau buat proyek untuk situs Anda.
  2. Buka Analisis Konten dan pilih halaman arahan yang akan Anda optimalkan (jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, ada baiknya untuk mengoptimalkan beranda Anda terlebih dahulu). Masukkan kata kunci target Anda dan pilih mesin pencari target Anda.
  3. Setelah WebSite Auditor menyelesaikan analisis, periksa faktor pengoptimalan konten krusial di sebelah kiri untuk setiap kesalahan atau peringatan.
  4. Pilih salah satu faktor dengan status Kesalahan atau Peringatan (jika ada), dan buka tab Pesaing untuk melihat bagaimana pesaing menangani aspek khusus SEO ini. Jika ada perbedaan nyata antara bagaimana pesaing yang berbeda menggunakan kata kunci dan Anda tidak yakin apa yang menjadi dasar strategi pada halaman Anda, ada baiknya menggunakan avg Kompetitor. sebagai acuan.
  5. Untuk melampaui faktor penggunaan kata kunci tradisional, mari kita lakukan beberapa optimasi mesin pencari semantik. Lompat ke dashboard TD-IDF WebSite Auditor untuk menemukan istilah-istilah yang relevan secara topikal (baik tunggal dan multi-kata), diurutkan berdasarkan jumlah pesaing yang menggunakannya. Kolom Rekomendasi akan memberi Anda saran penggunaan untuk setiap istilah yang muncul di halaman 5 atau lebih dari pesaing.

Anda dapat menerapkan rekomendasi ini dan mengedit halaman Anda langsung di Editor Konten Auditor WebSite.

Dan jangan lupa bahwa Anda harus fokus pada penyediaan konten yang ditargetkan luar biasa yang dibutuhkan oleh pengunjung situs Anda. Berikut beberapa kiat untuk memastikan Anda membuat konten berkualitas tinggi:

  • Buat konten yang panjang dan relevan.
  • Jangan terobsesi dengan kepadatan kata kunci.
  • Hindari duplikat konten.
  • Pastikan konten Anda diperbarui secara rutin.
  • Berikan beberapa tautan keluar yang relevan ke domain otoritas.
  • Manfaatkan tautan internal.

Bekerja di konten situs adalah salah satu tugas yang paling menghabiskan waktu, tetapi itulah cara terbaik untuk membangun reputasi Anda sebagai figur otoritas.

7. Periksa tautan balik

Tautan balik! Meneliti mereka adalah langkah penting dalam analisis kompetitif. Ketika Anda benar-benar memahami profil backlink pesaing Anda, Anda akan dapat membangun strategi tautan Anda sendiri yang efektif, memperkirakan waktu yang diperlukan untuk membangun profil tautan yang kuat, dan melihat peluang tautan balik yang berharga dalam profil pesaing.

Singkat cerita, kita perlu menemukan tautan balik pesaing dan menganalisis seberapa baik mereka. Untuk bagian analisis ini, Anda dapat menggunakan SEO SpyGlass SEO PowerSuite.

Pada langkah ini, Anda akan melihat perbandingan profil backlink Anda secara mendetail dan profil dari pesaing yang ditentukan. Anda dapat melihat peringkat keseluruhan dari setiap profil di bagian bawah bagan. Di sini Anda juga dapat menemukan apa yang membuat pesaing tertentu lebih kuat dari Anda. Tandai aspek-aspek ini – Anda mungkin harus mengerjakannya terlebih dahulu.

Setelah membandingkan backlink pesaing dengan milik Anda, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang di mana Anda akan mengarahkan strategi backlink Anda. Tautan membutuhkan waktu untuk membangun, jadi ini harus menjadi komitmen jangka panjang Anda jika Anda serius untuk mengungguli pesaing Anda. Untungnya, ada dashboard Link Intersection yang berguna di SEO SpyGlass yang akan membantu Anda waktu besar dengan upaya membangun tautan Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat menemukan peluang membangun tautan yang berharga – domain yang menautkan ke sekelompok pesaing Anda kemungkinan merupakan sumber daya yang relevan sehingga Anda memiliki peluang besar untuk mendapatkan tautan juga.

8. Ada lagi yang tersisa untuk ditinjau? Iya nih!

Sekarang Anda harus memiliki daftar lengkap wawasan SEO yang dapat Anda gunakan untuk strategi Anda. Apakah Anda perlu menggali lebih dalam? Jika Anda bertanya kepada saya, saya sarankan Anda harus mengintip beberapa faktor lagi:

Profil media sosial

Periksa berapa banyak pengikut / suka / pelanggan pesaing Anda di seluruh platform media sosial paling populer. Perhatikan seberapa menarik konten mereka.

Berikut ini serangkaian pertanyaan universal yang dapat Anda terapkan ketika melakukan penelitian ini:

  • Platform media sosial apa yang digunakan pesaing?
  • Jaringan media sosial mana yang hilang?
  • Seberapa sering mereka berbagi konten baru?
  • Bagaimana mereka berinteraksi dengan pengikut mereka?
  • Jenis konten apa yang mendapat lebih banyak keterlibatan dengan pengikut mereka?

Jika Anda melihat bahwa pesaing Anda melakukan pekerjaan hebat dengan konten media sosial, jangan biarkan fakta ini membuat Anda putus asa. Ya, di satu sisi, Anda harus lebih banyak bekerja pada kampanye media sosial berkualitas tinggi, tetapi di sisi lain – Anda dapat menemukan banyak calon pengunjung dan pelanggan juga.

Iklan

Periksa apakah pesaing Anda menggunakan kampanye lalu lintas berbayar untuk mendapatkan konversi dan penjualan. Ini mungkin termasuk kampanye AdWords, konten yang dipromosikan Facebook / Twitter / YouTube, iklan banner, posting berbayar dan ulasan, dll.

Pemeriksaan reputasi

Cobalah untuk mencari sebanyak mungkin ulasan tentang pesaing Anda – cari ulasan produk di Google, media sosial, forum, situs ulasan, dll. Untuk menghemat waktu, Anda dapat membuat peringatan dengan alat media sosial Awario untuk mendapatkan sebutan merek / kata kunci dari seluruh Web yang diurutkan dalam satu umpan yang berguna.

Jika Anda menemukan banyak umpan balik negatif dari pelanggan yang tidak puas, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membedakan bisnis Anda, menyediakan jenis layanan baru, meningkatkan dukungan pelanggan, dengan kata lain, membuat bisnis Anda bersinar di atas pemain lain!

The final word

Seperti yang Anda mungkin perhatikan, mesin pencari telah berkembang pada kecepatan yang mengesankan – jenis baru hasil pencarian, algoritma, teknik, dll. Dan itu berarti SEO Anda harus terus berkembang juga.

Anda tidak dapat mengandalkan analisis persaingan yang Anda lakukan dua tahun lalu, karena semuanya berubah terlalu cepat. Dan itulah mengapa penting untuk mengubah status aktivitas analisis persaingan dari “awal” menjadi “berulang”. Anda harus mengawasi apa yang SEO pesaing Anda lakukan secara bulanan, dan memodifikasi strategi SEO Anda bila diperlukan.

Saya harap panduan ini akan membantu Anda lebih memahami dan menganalisis persaingan SEO Anda – silakan berbagi pemikiran dan tips Anda di komentar di bawah ini!