Cara Mengoptimalkan Google My Business Listing

Langkah pertama yang penting dalam strategi SEO lokal adalah dengan mengklaim dan memverifikasi daftar bisnis Google Bisnisku (GMB) bisnis lokal Anda. Mendapatkan Google Bisnisku dapat meningkatkan peluang Anda muncul di Google Local Pack, Finder Lokal, Google Maps, dan peringkat organik pada umumnya. Bisnis lokal yang memenuhi syarat dapat mengklaim cantuman gratis ini di Google dan menyertakan informasi dasar tentang perusahaan mereka, seperti alamat, nomor telepon, jam kerja dan jenis pembayaran yang mereka terima.

Google My Business

Jika Anda belum mengklaim dan memverifikasi Google My Business Listing Anda, itu adalah langkah pertama. Untuk memulai, kunjungi https://www.google.com/business

Banyak bisnis lokal hanya mengklaim daftar GMB mereka dan melupakannya. Apa yang kebanyakan bisnis tidak sadari adalah bahwa ada beragam fitur lain yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan daftar Google Bisnisku dan beberapa alasan mengapa Anda harus sering memeriksa cantuman bisnis Anda untuk memastikan ketepatannya tetap utuh. Ingin tahu lebih banyak?

Lengkapi semua informasi yang diminta Google

Ada berbagai pertanyaan yang dapat Anda jawab untuk melengkapi profil Google Bisnisku. Setelah selesai, cantuman Anda akan memiliki data berharga yang akan memudahkan calon pelanggan menemukan perusahaan Anda. Dan jika Anda tidak mengisi informasi itu, orang lain bisa melakukannya. Banyak pemilik bisnis tidak menyadari bahwa setiap orang dapat menyarankan perubahan pada cantuman bisnis Anda – dan itu mencakup pesaing.

Ketika seorang pencari mengklik daftar GMB Anda, mereka dapat melihat opsi “Suggest an edit” Ketika seseorang mengeklik opsi itu, mereka dapat benar-benar mengedit cantuman Google Bisnisku (dan juga membuat perubahan yang cukup dramatis juga)

Ini hanyalah salah satu alasan mengapa sangat penting bahwa Anda masuk ke dasbor Google Bisnisku secara teratur untuk memastikan tidak ada yang mencoba membuat perubahan yang tidak diinginkan pada cantuman Anda. Anda akan melihat pemberitahuan bahwa perubahan tertunda jika seseorang telah membuat perubahan yang disarankan yang memerlukan persetujuan Anda.

Selain itu, penting untuk disadari bahwa Google mendorong orang-orang yang terbiasa dengan bisnis Anda untuk menjawab pertanyaan, sehingga Google dapat mempelajari lebih banyak informasi tentang perusahaan Anda. Untuk melakukan ini mereka hanya bisa mengklik “Tahu tempat ini? Jawab pertanyaan singkat “.

Jika mereka tahu jawaban atas pertanyaan, mereka bisa menjawabnya. Jika tidak, mereka bisa menurun.

Sekarang, beberapa pemilik bisnis telah menangis dengan busuk, mengatakan bahwa pesaing atau orang lain yang memiliki niat jahat dapat menimbulkan malapetaka pada cantuman Google Bisnisku saya dengan fitur ini. Namun, filosofi Google adalah bahwa jenis konten buatan pengguna ini membantu membangun komunitas, sehingga sepenuhnya melengkapi profil bisnis dan memungkinkan Google untuk bereksperimen dengan strategi pencarian yang berbeda.

Setelah Anda mendapatkan cantuman Google Bisnisku yang diverifikasi, terus periksa cantuman Anda secara rutin agar berada di sisi yang aman.

Google My Business Posts

Pos Google adalah “iklan mini” yang muncul di penelusuran Google di cantuman Google Bisnisku (di Panel Pengetahuan dan di Google Maps.)

Anda dapat bersenang-senang dengan Pos Anda dengan menambahkan gambar, Call to Action (CTA), dan bahkan menyertakan tautan ke halaman atau situs lain. Jika Anda menggunakan Yext, Anda dapat membuat Pos GMB langsung dari dasbor Yext Anda.

Berikut adalah beberapa ide Post:

  • Jika Anda mengadakan acara (seperti webinar), Anda dapat menyiapkan acara Post dengan tanggal dan waktu dan kemudian menambahkan link ke halaman registrasi.
  • Apakah Anda memiliki penjualan yang terjadi selama waktu tertentu? Buat acara “penjualan” Poskan.
  • Apakah posting blog terbaru anda rock? Tambahkan deskripsi singkat dari posting blog Anda dan link ke posting di blog Anda.
  • Produk baru yang ingin Anda tampilkan? Tunjukkan gambar gadget keren ini dan tautkan ke tempat orang bisa melakukan pembelian.
  • Ingin menyebarkan sukacita liburan? Berikan calon pelanggan pesan liburan Post.

Kemungkinan dengan Pos tidak terbatas! Pos tinggal “live” selama tujuh hari atau “go dark” setelah tanggal acara. Google sangat senang mengirimi Anda pengingat saat tiba waktunya untuk membuat Pos baru.

Kiat: Untuk menarik perhatian penelusur, Anda ingin menyertakan gambar di Pos Anda, namun di Google Maps, gambar Pos bisa terputus. Anda mungkin harus menguji beberapa ukuran gambar Pos untuk memastikan ukurannya tepat untuk Maps dan Knowledge Panel pada perangkat desktop dan seluler.

Untuk memulai dengan Posts, masuk ke dashboard GMB Anda dan Anda akan melihat opsi Posts di sisi kiri:

Apakah Google My Business Posts membantu dengan peringkat pencarian? Joy Hawkins dan Steady Demand menguji apakah Pos memiliki dampak pada peringkat, dan mereka menemukan bahwa membuat Google My Business Posts dapat meningkatkan rangking.

Booking button feature

Fitur tombol Pemesanan Google yang baru benar-benar dapat membantu bisnis Anda menonjol dari keramaian. Jika Anda memiliki jenis bisnis yang bergantung pada pelanggan yang membuat janji temu dan menggunakan perangkat lunak penjadwalan terpadu, orang sekarang dapat memesan janji temu dengan bisnis Anda langsung dari cantuman Google Bisnisku. Ini bisa membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru!

Jika Anda memiliki akun dengan salah satu penyedia penjadwalan yang didukung Google, maka tombol pemesanan akan ditambahkan secara otomatis ke cantuman Google Bisnisku.

Messaging

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengizinkan calon pelanggan mengirimkan pesan teks kepada Anda? Ini adalah cara yang bagus untuk terhubung langsung dengan calon pelanggan.

Jika Anda tidak ingin pesan teks dikirim ke nomor telepon pribadi Anda, Anda dapat mendownload aplikasi Allo Google. Saat Anda membuat akun Allo Anda, gunakan nomor telepon yang sama yang terhubung ke akun Google Bisnisku. Sekarang ketika seseorang mengirimi Anda pesan, Allo akan mengirimkan notifikasi dan bukan pesan yang muncul dalam pesan teks pribadi Anda.

Fitur ini masih dalam masa pertumbuhan. Saat ini, pesan hanya tersedia untuk pengguna web seluler dan tidak tersedia untuk pengguna aplikasi seluler atau desktop. Orang juga tidak akan melihat opsi Pesan di Panel Pengetahuan atau di Google Maps.

HANYA cara seseorang dapat mengirimkan pesan bisnis Anda jika mereka melakukan penelusuran web seluler di Chrome. (Saya berharap Google akan memperluas fitur Olahpesan begitu mereka mengerjakan masalah.)

Questions & Answers

Pertanyaan & Jawaban adalah fitur yang relatif baru untuk pencarian lokal Google. Keren sekali! Persis seperti ini kedengarannya, T & J memungkinkan orang mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda dan Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang Pertanyaan & Jawaban:

  • Fitur Tanya Jawab tidak terlihat di aplikasi GMB seluler.
  • Anda perlu masuk ke dasbor GMB untuk melihat apakah ada pertanyaan baru yang perlu dijawab.
  • Anda tidak dapat memonitor Pertanyaan pada perangkat seluler kecuali jika Anda memiliki ponsel Android.
  • Anda dapat menggunakan Apl Google Maps di perangkat Android untuk mengelola fitur
  • Tanya Jawab sebagai bisnis. Untuk melakukannya, download aplikasi Google Maps, masuk dengan alamat email yang Anda gunakan untuk daftar GMB Anda, dan Anda akan mendapatkan notifikasi push jika seseorang mengajukan pertanyaan pada bisnis Anda.

TIP: Penting untuk dicatat bahwa seperti “Suggest a Edit” di GMB, siapa pun dapat menjawab pertanyaan yang diajukan tentang bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda ingin mengawasi dan memastikan Anda menjawab pertanyaan dengan cepat dan memastikan bahwa jika ada orang lain yang menjawab sebuah pertanyaan, jawabannya akurat. Jika Anda mendapati seseorang menyalahgunakan fitur Tanya Jawab GMB Anda, hubungi forum dukungan Google Bisnisku.

Ulasan online Google Bisnisku

Tidak seperti Yelp, yang dengan keras mengecewakan pemilik bisnis untuk meminta ulasan pelanggan mereka, Google mendorong pemilik bisnis untuk secara etis menanyai pelanggan atau klien mereka untuk ulasan online. Ulasan online muncul di samping cantuman Anda di Google Maps dan Panel Pengetahuan bisnis Anda dalam penelusuran. Ulasan dapat membantu bisnis Anda menonjol di antara lautan hasil pencarian.

Selain itu, ulasan online diketahui memengaruhi peringkat hasil penelusuran, kepercayaan konsumen, dan rasio klik-tayang. Menurut Survei Review Konsumen BrightLocal tahun 2017:

  • 97% konsumen membaca ulasan online untuk bisnis lokal pada tahun 2017, dengan 12% mencari bisnis online lokal setiap hari
  • 85% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi
  • Tinjauan positif membuat 73% konsumen mempercayai bisnis lokal lebih banyak
    49% konsumen membutuhkan setidaknya rating bintang empat sebelum mereka memilih untuk menggunakan bisnis
  • Menanggapi review lebih penting dari sebelumnya, dengan 30% menamai ini sebagai kunci saat menilai bisnis lokal
  • 68% konsumen meninggalkan ulasan bisnis lokal saat ditanya – dengan 74% telah meminta umpan balik mereka
  • 79% konsumen telah membaca ulasan palsu di tahun lalu

Jika Anda mengikuti panduan Google untuk ulasan Google Bisnisku, Anda dapat meminta pelanggan untuk memberi ulasan. (Namun, jika Anda melanggar salah satu dari kebijakan ini, ulasan Anda dapat dihapus.)

Bila pelanggan meninggalkan ulasan untuk Anda – baik atau buruk – pastikan Anda meresponsnya. Tidak hanya menunjukkan bahwa pelanggan bahwa Anda menghargai umpan balik mereka, ini juga menunjukkan calon pelanggan yang Anda sayangi.

Apa jadinya jika mendapat review negatif? Pertama, jangan panik. Semua orang mengalami hari yang buruk dan kebanyakan orang menyadari hal itu. Juga, jika Anda memiliki troll yang memberi Anda ulasan satu bintang dan meninggalkan komentar buruk, kebanyakan orang dengan akal sehat mengenali ulasan itu untuk apa adanya. Ini umumnya tidak layak ditekankan.

Semoga Bermanfaat