Panduan Pemula untuk Google PageRank: Cara Bekerja & Mengapa Masih Penting di tahun 2018

Panduan Pemula untuk Google PageRank – Saat anak lahir, orang tuanya telah merencanakan dengan sempurna untuk masa depannya. Namun, dalam waktu singkat, mereka menyadari bahwa anak mereka tidak memasuki keluarga cello dan keluarga, melainkan menjadi tato, teman yang buruk, dan skydiving.

Nah, sesuatu yang serupa terjadi pada PageRank, anak pendiri Google yang cemerlang Larry Page (yang memberikan namanya kepada anak itu dan memainkan konsep halaman web) dan Sergey Brin. Ini membantu Google untuk menjadi raksasa pencarian yang mendikte peraturan untuk orang lain, dan pada saat bersamaan, hal itu menciptakan serangkaian situasi rumit yang pada suatu saat terlepas dari tangan.

Google Page Rank

Definisi

PageRank (atau PR singkatnya) adalah algoritma matematis yang mengevaluasi kualitas dan kuantitas tautan ke halaman web. Evaluasi ini membantu menentukan nilai relatif kepentingan dan otoritas halaman.

Dengan demikian, setiap tautan dari satu halaman ke halaman lain dianggap sebagai pemungutan suara yang disebut, dan bobot skor ini bergantung pada jumlah halaman yang terhubung dengannya. Nilai halaman tersebut, pada gilirannya, bergantung pada jumlah halaman yang terhubung dengan mereka, dan seterusnya. Perhitungan nampaknya seperti rasa sakit di, erm, leher, tapi kita akan sampai sedikit nanti.

Google Toolbar.

Untuk memotong cerita panjang, awalnya Google membuat skor ini menjadi publik dengan bantuan Toolbar yang menunjukkan nilai tepat di browser (tentu saja, ini adalah nilai kasar). Skor hanya dari 0 sampai 10 dan tampaknya berada pada skala logaritmik. Arti sebenarnya dari skala ini adalah sebagai berikut:

Toolbar PageRank
(log base 10)
Real PageRank
0 0 – 10
1 100 – 1,000
2 1,000 – 10,000
3 10,000 – 100,000
4 and so on.

Langkah ini menimbulkan banyak kontroversi, dan sekarang saya mengerti maksud Google saat ini untuk menghindari pernyataan langsung saat membicarakan sinyal peringkat. Setiap bagian dari data tersebut akan disalahpahami pula.

Seiring waktu, Google telah memotong dukungan Toolbar, dan pada tanggal 15 April 2016 secara resmi, matikan Toolbar PageRank Data ke publik menjadikannya sebagai senyuman rahasia mekanisme rangkingnya.

Meski PageRank tidak umum, masih ada. Jadi, saya ingin menjelaskan bagaimana cara kerjanya, apa fungsinya, dan mengapa hal itu masih penting. Plus, saya hanya tahu alternatifnya ketika membahas bagian nilai siap pakai.

Perhitungan PageRank.

Setiap webmaster harus mengerti bagaimana PageRank benar-benar bekerja. Pengetahuan ini sangat penting untuk optimasi semacam itu di mana SEO dengan jelas melihat apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk mendapatkan hasilnya dan juga apa yang salah saat barisan turun.

Perhitungannya nampaknya agak rumit. Seperti yang Anda ingat dari kata pengantar saya, skor PageRank setiap halaman bergantung pada skor halaman yang terhubung dengannya. Tapi kita tidak bisa mengetahui skor dari halaman-halaman ini sampai kita menghitungnya. Jadi sepertinya bentuk lingkaran dan tidak mungkin dihitung.

Namun, itu tidak seburuk itu. Skor PageRank dapat dihitung dengan menggunakan algoritma iteratif sederhana, dan sesuai dengan vektor eigen utama dari matriks link yang dinormalisasi dari web. Ini berarti bahwa adalah mungkin untuk menghitung skor halaman tertentu tanpa mengetahui nilai halaman lain yang terhubung dengannya.

Kenapa begitu? Masalahnya adalah setiap kali kita menjalankan perhitungan, kita mendapatkan perkiraan nilai akhir yang lebih dekat. Kita perlu mengingat setiap nilai yang dihitung dan mengulangi perhitungan beberapa kali sampai angka tersebut berhenti berubah banyak.

Google menghitung ulang skor PageRank setelah setiap perayapan Web. Seiring dengan bertambahnya jumlah dokumen dalam indeks pembangunan kembali, perkiraan awal penurunan PageRank untuk semua dokumen. Plus, dianggap bahwa PageRank menyukai halaman yang lebih tua. Sebuah halaman baru, betapapun bagusnya, tidak memiliki banyak kualitas backlink, sehingga mendapat nilai yang lebih rendah.

Formula PageRank juga mengandung faktor redaman (d). Menurut teori PageRank, ada surfer imajiner yang secara acak mengklik link, dan pada titik tertentu ia bosan dan akhirnya berhenti mengklik. Probabilitas bahwa orang tersebut akan terus mengklik langkah apapun adalah faktor redaman. Dengan demikian, faktor ini diperkenalkan untuk menghentikan beberapa halaman yang memiliki pengaruh terlalu banyak. Akibatnya, jumlah suara mereka dikurangi dengan mengalikannya sebesar 0,85 (nilai yang diasumsikan secara umum).

Hal ini juga dianggap bahwa jumlah normal (atau rata-rata) dari semua halaman web sama dengan satu. Dan formula PageRank menyediakan bahwa meskipun halaman tidak memiliki link balik, itu akan mendapatkan skor kecil 0,15 (1 minus d-faktor).

Salah satu artikel terbaik mengenai masalah proses perhitungan PageRank dan efisiensi maksimumnya adalah yang satu ini oleh Ian Rogers. Dia memberi kita beberapa contoh (hirarki sederhana, penyertaan ulasan halaman, perulangan, interlinking yang luas, dan sebagainya) dan menyertai mereka dengan pengamatan dan prinsip.

Pengamatan yang paling penting adalah:

Saat menghubungkan kembali. Homepage biasanya memiliki nilai PR tertinggi karena memiliki sebagian besar tautan masuk. Namun, jika halaman eksternal tidak terhubung kembali ke sana, mereka tidak memberikan suara dan rata-rata nilai PR menjadi lebih rendah. Dengan demikian, masuk akal untuk menghubungkan situs eksternal kembali ke beranda sehingga “suara” tersebut tidak terbuang.

Namun:
– Mencoba menyalahgunakan perhitungan PR dengan membuat struktur situs dengan konsentrasi PR di beranda tidak akan berhasil dan akan merugikan UX Anda. Dengan demikian, Anda dapat mengambil risiko PR Anda dengan memberikan pengalaman hebat kepada pengguna Anda yang akan menghasilkan PR lebih banyak daripada yang sebenarnya Anda lewatkan.

Pada hirarki. Hirarki memusatkan suara dan PageRank ke dalam satu halaman.

Pada struktur. Situs yang terstruktur dengan baik akan memperkuat efek dari setiap kontribusi PR.

Pada internal linking. Keterkaitan internal meminimalkan kerusakan saat Anda mengambil risiko dan memberikan suara dengan menghubungkan ke situs eksternal.

Namun:
– Jika sekelompok halaman tidak berisi tautan eksternal, jumlah tautan internal tidak berpengaruh terhadap rata-rata nilai PR situs.

Pada link berisi spam. Ribuan laman spam yang mengarah ke beranda Anda akan bertambah dan memberi Anda nilai PR yang bagus. Namun, begitu Google mengincarnya (dan itu benar-benar cepat), situs Anda tidak akan ditemukan lagi di SERPs. Pada saat yang sama, banyak halaman (atau setidaknya beberapa) dengan konten unik yang mengarah ke beranda Anda adalah resep terbaik.

Kontroversi PageRank.

PageRank adalah penemuan jenius yang membuat Google begitu efisien dan berwibawa. Namun, setiap penemuan jenius dapat dengan mudah disalahgunakan, dimanipulasi, dan digunakan untuk tujuan yang sama sekali berbeda. Nasib ini menimpa PageRank.

Mari kita bicara tentang alasan mengapa PageRank publik menghancurkan Web dan mengapa hal itu terjadi dan masih penting.

Keburukan PageRank.

Google membuat PageRank publiknya untuk membuat orang melihat bahwa mesin pencari baru ini dapat:

  1. temukan halaman yang benar-benar dicari pengguna
  2. tampilkan pengguna halaman mana yang terbaik dan teraman

Raksasa pencarian masa depan mengembangkan Toolbar untuk Internet Explorer (selanjutnya didukung oleh Firefox). Toolbar menunjukkan skor PageRank (berkisar antara 0 sampai 10) saat diaktifkan oleh pengguna.

Sementara pengguna biasa tidak begitu tertarik pada skor halaman, SEO dari kaliber yang berbeda merasa bahwa ini adalah kesempatan bagus untuk membuat perbedaan bagi pelanggan mereka. Obsesi SEO dengan PageRank ini membuat semua orang merasa bahwa sinyal peringkat ini kurang lebih satu-satunya yang penting. Terlepas dari kenyataan bahwa halaman dengan skor PR yang lebih rendah dapat mengalahkan mereka yang memiliki nilai lebih tinggi! Apa yang kita dapatkan kemudian, sebagai hasilnya?

Link farms.

Dalam situasi seperti ini, pasar baru muncul untuk bereaksi terhadap permintaan spesifik ini, dan membiarkan manipulasi skor PR dimulai. Ya, era peternakan link.

Tentu saja, Google tidak menyukai perkembangan situasi seperti itu. Ini mulai melawan. Tindakan yang paling terkenal adalah melawan jaringan SearchKing yang telah dikenai sanksi dan dihapus dari hasil Google. SearchKing mengajukan tuntutan terhadap Google, namun Google menang.

Setelah itu, penjualan link pergi ke bawah tanah. Google masih berhasil menemukan jaringan seperti itu, namun tidak masalah: saat satu jaringan ditutup, Google berhasil merebut tempat mereka. Meskipun ada orang yang siap membayar kenaikan PageRank, skema ini tidak akan pernah ada lagi.

Link spam.

Public PageRank juga mengeluarkan spam tautan. Ya, komentar spam dengan link di setiap tempat yang bisa dibayangkan. Jadi, memungkinkan untuk meninggalkan ratusan, ribuan komentar yang memiliki tautan tepat ke situs tertentu, dan tautan ini penting! Mimpi, eh

Tidak juga. Ini menjadi seperti rasa sakit di … ya, leher yang Google merasa tertekan dalam beberapa tindakan tegas. Jadi pada tahun 2005, atribut nofollow diperkenalkan, sebuah nilai baru untuk atribut rel dari link HTML dan elemen anchor. Itu adalah cara untuk mencegah agar link tersebut tidak melewati suara PageRank.

Sayangnya, itu tidak mengakhiri spam link. Tapi, tag nofollow banyak digunakan hingga hari-hari kita oleh serangkaian platform sosial utama.

Kesimpulan: Bahkan ketika Google membunuh Toolbar dan PageRank menjadi rahasia, jelas bahwa hal itu tidak akan membawa kedamaian ke Web. Selama orang tahu bahwa mekanisme peringkat Google sangat bergantung pada tautannya, tautan akan terus diternakkan dan dijual.

Pentingnya PageRank.

Tidak ada pertanyaan apakah PageRank itu penting atau tidak. Tentu saja! Google yakin bahwa PageRank masih penting. Ini membantu mesin pencari menentukan materi yang paling terpercaya untuk permintaan tertentu. Itu tidak lagi umum. Itu kembali menjadi ramuan sausnya yang rahasia.

Setelah semua, Anda sangat tahu rumus untuk nilai PageRank yang lebih tinggi untuk situs Anda:

kualitas (bukan kuantitas!) dari backlink + efisiensi internal Anda

Artinya saat mengoptimalkan, kita secara tidak sadar mengikuti persyaratan untuk skor PageRank yang lebih tinggi.

Apalagi mekanisme PageRank sepenuhnya bersifat umum, sehingga bisa diterapkan pada grafik atau jaringan di bidang apapun. Saat ini, formula PR digunakan dalam analisis bibliometrik, sosial dan informasi, dan untuk prediksi dan rekomendasi tautan. Ini bahkan digunakan untuk analisis sistem jaringan jalan, serta biologi, kimia, neuroscience, dan fisika.

Optimalisasi untuk PageRank.

Mengikuti formula link balik dan tautan internal yang disebutkan di atas, saya telah menyiapkan daftar periksa optimasi cepat dengan beberapa tip.

Kualitas Backlink

. Periksa InLink Rank.

Ya, skor PageRank tidak terlihat, tapi bukan berarti tidak ada alternatif perhitungan untuk mereka. Sebagai contoh, adalah mungkin untuk menggunakan SEO PowerSuite’s InLink Rank untuk menghitung skor PageRank yang tepat (di sini dari 0 sampai 100), karena fitur ini didasarkan pada algoritma yang sama!

Pergi ke backlink checker SEO SpyGlass, buatlah sebuah proyek untuk situs Anda, dan lompat ke dasbor Backlinks. Beralih ke tab InLink Rank / Domain InLink Rank, pilih link balik yang ingin Anda periksa, dan klik Update InLink Rank.

Bila nilai beberapa backlink rendah (warna merah), ini adalah indikator kuat bahwa link bisa mengandung spam atau dengan kualitas sangat rendah. Anda mungkin ingin menyingkirkan tautan seperti itu atau menjalankan pemeriksaan tambahan yang telah saya sebutkan di bawah ini.

2. Periksa resiko dan kesalahan.

Untuk memahami apakah tautan eksternal berbahaya bagi situs Anda, Anda harus memeriksa halamannya:

  • authority;
  • nofollow tag;
  • anchor text.

Internal Links

Sementara link balik bisa lepas kendali, link internal situs Anda berada di bawah kendali penuh Anda. Dengan demikian, memungkinkan Anda melakukan perjalanan ke situs Anda yang menarik bagi mesin telusur maupun pengguna. Pastikan untuk mengikuti persyaratan berikut:

1. Struktur situs dangkal.
Ini menguntungkan bila halaman berjarak 2-3 klik dari beranda. Tidak ada yang mau mengklik 10 link untuk sampai ke yang dibutuhkan. Jadi, jika memungkinkan, lebih baik mengurangi jumlah link. Di situs yang rumit, tujuan ini dapat dicapai dengan menggunakan remah roti, awan tag, dan pencarian internal.

Masa depan PageRank.

Salah satu konsekuensi dari algoritma PageRank dan manipulasi lebih lanjutnya adalah situasi ketika link balik (dan juga link-building) biasanya dianggap sebagai SEO black-hat. Dengan demikian, tidak hanya Google yang telah memerangi konsekuensi trik anaknya sendiri, tapi juga situs mega, seperti Wikipedia, The Next Web, Forbes, dan banyak lainnya yang secara otomatis tidak mengikuti semua tautan keluar. Ini berarti semakin sedikit suara PageRank. Apa yang akan membantu halaman peringkat mesin pencari dalam hal keamanan dan relevansinya?

Jelas bahwa sesuatu yang baru harus muncul untuk menutupi kekosongan yang tidak berkesudahan itu. Di sana-sini diyakini bahwa beberapa mesin pencari mungkin menggunakan tautan tersirat yang disebut untuk menentukan peringkat halaman. Tautan tersirat adalah, misalnya, referensi tentang merek Anda. Mereka biasanya datang dengan nada: positif, netral, atau negatif. Nada menentukan reputasi situs Anda. Reputasi ini berfungsi sebagai sinyal peringkat ke search engine.

Saya tidak mengatakan di sini bahwa mereka yang tanpa tautan menyebutkan adalah sinyal peringkat 100%. Tidak ada bukti pasti bahwa selain Google dan Bing menjatuhkan beberapa petunjuk tentang hal itu. Anda dapat memeriksa Gary Illyes (Google Webmaster Trends Analyst) yang berbicara tentang pentingnya menyebutkan merek dalam keynote di Brighton SEO:

“If you publish high-quality content that is highly cited on the internet — and I’m not talking about just links, but also mentions on social networks and people talking about your branding, crap like that. Then you are doing great.”

( Jika Anda mempublikasikan konten berkualitas tinggi yang sangat banyak dikutip di internet – dan saya tidak berbicara tentang hanya tautan, tapi juga menyebutkan tentang jejaring sosial dan orang-orang yang membicarakan tentang merek Anda, omong kosong seperti itu, maka Anda hebat. )

Sementara link balik pasti sangat penting, Anda bisa mencoba teknik pemasangan tautan tersirat baru. Ya, Anda tidak bisa menggunakan checker backlink untuk menemukan penyebutan, namun Anda dapat dengan mudah melacaknya. Ada banyak alat monitor yang bisa melakukannya untuk Anda.

Cobalah untuk menemukan track yang tidak hanya menyebutkan dari platform media sosial tapi juga dari keseluruhan Web (forum, situs berita, blog, dll) Sebagai contoh, aplikasi Awario memiliki crawler web sendiri yang memungkinkannya untuk melihat setiap sudut. dari Internet.

Saya berharap sekarang formula PageRank tidak tampak menyeramkan dan rumit, dan Anda dipersenjatai untuk dengan mudah memahami cara kerjanya dan akan menggunakan pengetahuan ini untuk keuntungan Anda.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa faktor ini hanyalah bagian dari cerita tentang apa yang membantu halaman untuk ditampilkan tinggi di SERPs. Ya, itu yang pertama digunakan oleh Google, tapi sekarang ada banyak faktor peringkat, semuanya penting, dan semuanya diperhitungkan untuk rangking. Yang paling penting dianggap konten. Anda tahu ini, konten adalah raja, tidak ada jalan lain. Pengalaman pengguna adalah warna hitam baru (dengan Update Kecepatan baru, ini akan menjadi lebih penting).