Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, namun juga mencakup ponsel, display advertising, dan media digital lainnya. Perkembangan pemasaran digital sejak tahun 1990an dan 2000an telah mengubah cara merek dan bisnis menggunakan teknologi untuk pemasaran. Karena platform digital semakin digabungkan dengan rencana pemasaran dan kehidupan sehari-hari, dan karena orang menggunakan perangkat digital daripada mengunjungi toko fisik, kampanye pemasaran digital menjadi lebih umum dan efisien.

Metode pemasaran digital seperti optimasi search engine (SEO), pemasaran search engine (SEM), pemasaran konten, pemasaran influencer, otomasi konten, pemasaran kampanye, pemasaran berbasis data, pemasaran e-commerce, pemasaran media sosial, pengoptimalan media sosial, e -mail pemasaran langsung, menampilkan iklan, e-book, dan cakram optik dan permainan menjadi lebih umum dalam teknologi kemajuan kita. Sebenarnya, pemasaran digital sekarang menjangkau saluran non-Internet yang menyediakan media digital, seperti telepon seluler (SMS dan MMS), callback, dan nada dering telepon genggam.

Sejarah Pemasaran Digital

Istilah pemasaran digital pertama kali diciptakan pada tahun 1990an, namun telah digunakan dalam praktik sejak awal tahun 1980an, ketika SoftAd Group, sekarang ChannelNet, mengembangkan kampanye iklan untuk perusahaan mobil. Pada tahun 2000, sebuah survei di Inggris menemukan bahwa sebagian besar pengecer tidak mendaftarkan alamat domain mereka sendiri. Pemasaran digital menjadi lebih canggih di tahun 2000an dan tahun 2010, ketika berkembangnya kemampuan perangkat untuk mengakses media digital pada hampir semua waktu menyebabkan pertumbuhan yang besar. Statistik yang dihasilkan pada tahun 2012 dan 2013 menunjukkan bahwa pemasaran digital masih terus berkembang.

Pemasaran digital sering disebut sebagai ‘pemasaran online’, ‘pemasaran internet’ atau ‘pemasaran web’. Istilah pemasaran digital semakin populer seiring berjalannya waktu, terutama di negara-negara tertentu. Di Amerika Serikat pemasaran online masih lazim. Di Italia, pemasaran digital disebut sebagai pemasaran web. Di Inggris dan di seluruh dunia, bagaimanapun, pemasaran digital telah menjadi istilah yang paling umum, terutama setelah tahun 2013.

Pertumbuhan media digital diperkirakan mencapai 4,5 triliun iklan online yang disajikan setiap tahun dengan belanja media digital pada pertumbuhan 48% di tahun 2010. Peningkatan porsi iklan berasal dari bisnis yang menggunakan Online Behavioral Advertising (OBA) untuk menyesuaikan iklan bagi pengguna internet, namun OBA meningkatkan kepedulian terhadap privasi konsumen dan perlindungan data.

Gunakan di era digital

Ada beberapa cara merek dapat menggunakan pemasaran digital untuk keuntungan usaha pemasaran mereka. Penggunaan pemasaran digital di era digital tidak hanya memungkinkan merek memasarkan produk dan layanan mereka, namun juga memungkinkan dukungan pelanggan online melalui layanan 24/7 untuk membuat pelanggan merasa didukung dan dihargai. Penggunaan interaksi media sosial memungkinkan merek menerima umpan balik positif dan negatif dari pelanggan mereka serta menentukan platform media apa yang bekerja dengan baik untuk mereka. Dengan demikian, pemasaran digital telah menjadi peningkatan keuntungan bagi merek dan bisnis. Sekarang umum bagi konsumen untuk mengirim umpan balik secara online melalui sumber media sosial, blog, dan situs web berdasarkan pengalaman mereka dengan produk atau merek. Sudah menjadi semakin populer bagi bisnis untuk menggunakan dan mendorong percakapan ini melalui saluran media sosial mereka untuk berhubungan langsung dengan pelanggan dan mengelola umpan balik yang mereka terima dengan tepat.

Komunikasi dari mulut ke mulut dan dialog peer-to-peer seringkali memiliki efek lebih besar pada pelanggan, karena mereka tidak dikirim langsung dari perusahaan dan karena itu tidak direncanakan. Pelanggan lebih cenderung mempercayai pengalaman pelanggan lainnya. Hal ini semakin menguntungkan bagi perusahaan untuk menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan pelanggan mereka dan menciptakan dialog dan diskusi ini. Potensi jangkauan media sosial ditunjukkan oleh fakta bahwa pada tahun 2015, setiap bulan, aplikasi Facebook memiliki lebih dari 126 juta pengguna unik rata-rata dan YouTube memiliki lebih dari 97 juta pengguna unik rata-rata.